Sering Heran Kenapa Kamu Selalu Ingin Mendaki? Inilah Alasannya3 min read

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang sedang naik daun di masyarakat kita saat ini. Bagi mereka, dengan mendaki, hal tersebut mampu menghilangkan penat dari hiruk pikuk dan macetnya perkotaan. Ada banyak cara untuk menghilangkan rasa jenuh itu sebenarnya, tapi kenapa malah harus harus mendaki? Kenapa mendaki bisa jadi hal yang selalu dirindukan kebanyakan orang?

Indonesia Adalah Bagian Karya Termegah Ciptaan-Nya, Sayang Jika Harus Kamu lewatkan

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari ribuan pulau. Dari Sabang sampai Merauke, terdiri dari berbagai macam suku bangsa, bahasa, dan agama. Dari tiap-tiap pulau yang tersebar, masing-masing memiliki gunung, bahkan salah satu pulaunya memiliki gunung dalam daftar Seven Summit loh. Banyak gunung yang belum terjamah, tapi banyak juga yang jadi favorit pendaki. Oleh karenanya, akan sangat sayang jika harus dilewatkan tanpa harus mendaki salah satunya.

Apakah kamu salah satu dari pendaki itu?

Pendakian Membuka Mata Kamu Tentang Arti Sebuah Usaha

Mendaki gunung bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Banyak hal yang harus dipersiapkan jika kamu ingin sukses menggapai puncaknya. Dari jalanan yang yang panjang, hingga terjal menanjak, kamu perlu perlu tenaga eskstra untuk melakukannya. Namun, seperti yang dikatakan pepatah, hasil tak pernah mengingkari usaha. Jika kamu mampu mempersiapkan segalanya dengan baik dan benar. Mendaki bukanlah hal yang sia-sia. Puncak indah susah menantimu di atas sana.

Gunung Merapi
Gunung Merapi

Pendakian Menyadarkan Diri Bahwa Kamu Hanyalah Sebagian Kecil dari Isi Dunia

Bukan puncak yang menjadi tujuan akhir dalam mendaki. Namun proses perjalanan dari bawah hingga puncaklah yang membuat kamu sadar bahwa kamu hanyalah sebagian kecil dari isi dunia.

Solidaritas Antar Pendaki Hanya Akan Kita Temui di Gunung

“Bentar lagi puncak, Mbak/Mas. Tinggal dua tanjakan lagi”, begitulah kata yang sering kamu dengar ketika mendaki. Ketika kamu kehabisan air, mereka tak akan sungkan untuk berbagi, bahkan tanpa kamu memintanya. Setiap pagi, tak jarang pula ada yang menawarkan sarapan pagi atau basa-basi untuk ngopi. Sekali lagi, hal tersebut hanya akan kamu dapati dalam ketika berada dalam pendakian.

Sederhana, Namun Selalu Ada Kehangatan dan Kebersamaan

Meskipun tidur hanya beralaskan matras, akan selalu ada kehangatan untuk setiap pendakian. Tak hanya kehangatan fisik, kehangatan batin juga bisa kamu dapatkan. Dari yang hanya sekadar saling sapa, bisa jadi pulang menjadi kolega, atau bisa juga jadi keluarga. Mendaki merupakan salah satu media untuk selalu menemukan senyuman dan kebersamaan.

Golden Sunrise di Gunung Prau
Golden Sunrise di Gunung Prau

Mendaki Gunung Adalah Perjalanan untuk Menaklukkan Diri Sendiri

Mendaki gunung dan segala tantangan yang akan kamu hadapi membuat kamu sadar bahwa mendaki aktivitas tersebut bukan hanya sekadar menggapai sebuah puncak. Banyak tantangan yang selalu dapat kamu temukan selama mendaki, seperti terjalnya medan, dinginnya suhu udara, bahkan tipisnya oksigen yang membuatmu cepat kelelahan. Karena menyerah bukan sebuah solusi, kamu akan tahu bahwa mendaki gunung bukan tentang menaklukkan alam, tapi menaklukkan diri sendiri.

Gunung Prau
Gunung Prau

Pulang ke Rumah dengan Selamat Adalah Tujuan Utamamu

Selama mendaki kamu akan sadar bahwa rumah adalah tempat ternyaman nan penuh kehangatan sebagai tempat perinstirahatan. Kamu akan lebih menghargai arti sebuah keluarga yang menantimu di rumah. Jadi, apapun kamu nanti, keluarga adalah tempat kamu kembali.

***

Jadi, sudah rindukah kamu untuk mendaki? Sejauh mana kamu mampu menaklukkan diri sendiri? Meskipun melelahkan, kamu selalu punya alasan untuk selalu tersendiri untuk mendaki.

4 thoughts on “Sering Heran Kenapa Kamu Selalu Ingin Mendaki? Inilah Alasannya

Leave a Reply