Menikmati Segarnya Air Jurang Pulosari2 min read

Tidak jauh dari Sendang Ngembel, serta dengan jalan yang hampir sama, kita bisa menikmati segarnya air di Jurang Pulosari. Terletak di Desa Krebet, Pajangan, Bantul. Dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam dari Kota Yogyakarta untuk sampai ke tempat tujuan dengan medan beraspal yang bersahabat. Terdapat tiga pintu masuk menuju air terjun, Pintu Utara, Pintu Selatan serta Pintu Utama.

Jurang Pulosari semakin naik daun semenjak beberapa pengguna Instagram sering mengunggah perjalanan mereka ke sana. Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu ketika masih dalam kondisi asri dan sepi. Sekarang, sering kita jumpai banyak pengunjung mendatangi tempat tersebut (bahkan hari kerja) untuk sekadar penasaran atau sekalian menikmati segarnya cucuran air tersebut. Saran saya, lebih baik ke tempat tujuan siang hari ketika air terjun tidak terlalu ramai dikunjungi seperti sore hari.

Tidak ada biaya khusus untuk masuk ke tempat ini selain kita dikenakan tarif parkir kendaraan bermotor. Biasanya tempat parkir tersedia dari rumah-rumah penduduk sekitar dengan harga Rp.2.000,00 per buahnya. Jika beberapa tahun lalu air terjun tersebut masih dalam rintisan tempat wisata dan minim fasilitas. Belakangan, seiring bertambahnya pengunjung, sudah mulai tersedia fasilitas umum seperti tempat mandi + tempat ganti serta toilet yang dapat digunakan secara gratis, beberapa memang dikenakan tarif sukarela.

A photo posted by Bentang Nusantara (@bentara.id) on

Air Terjun Pulosari memang tidak tinggi, tidak terlalu dalam juga, namun curug ini memiliki karakteristik yang unik, terlihat sangat fotogenik ketika diabadikan dalam bentuk foto digital, terlebih dengan sentuhan khusus. Beruntunglah jika kita bisa berkunjung ke sana ketika musim hujan dikarenakan debit air dapat mengalir dengan maksimal.

Selain menikmati air terjun itu sendiri, di sini, kita juga bisa menyaksikan (melakukan) kegiatan fisik seperti outbond dengan media air, rapeling, menangkap ikan dengan tangan kosong dan memasukan air dalam botol berlubang. Beberapa alat outbond dapat disewa dari penduduk sekitar.

Leave a Reply